Skip to main content

13 Obat Sariawan Alami yang Ampuh, Kenali Yuk!


Obat Sariawan Alami – Sariawan merupakan luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut seperti gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan kerap disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau juga mouth ulcer. Meski tidak menular, sariawan bisa muncul lebih dari satu dalam waktu bersamaan di dalam mulut.

Sariawan menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh yang mengakibatkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Jika sudah parah, sariawan dapat menyebabkan tubuh mengalami demam dan menggigil. Pada artikel info sehat ini, Triasse akan menjabarkan mengenai sariawan serta berbagai jenis obat sariawan alami yang tepat untuk mengatasi sariawan yang mengganggu kesehatan tubuh. Obat sariawan ini, tentunya dapat menjadi obat sariawan di lidah, gusi, dan rongga mulut.

Pada umumnya, sariawan disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah, kekurangan vitamin B12 atau asam folat, dan juga infeksi bakteri atau virus. Pada kondisi tertentu, sariawan juga dipicu oleh perubahan hormon seperti menstruasi atau hamil. Tak hanya itu, trauma pada jaringan lunak mulut juga bisa menjadi penyebab sariawan seperti lidah tergores makanan, menyikat gigi, atau tak sengaja menggigit bagian bibir saat mengunyah makanan.

Meski tidak berbahaya bagi tubuh, tapi banyak orang mengeluhkan rasa perih yang mengganggu dari sariawan ini sehingga harus diobati secepatnya. Jika menunggu sariawan sembuh sendiri, dibutuhkan satu hingga dua minggu agar sariawan bisa hilang. Alhasil banyak yang mencari obat sariawan alami agar bisa beraktifitas normal, terutama yang berkaitan dengan mulut seperti berbicara dan makan.

Jika Anda mencari obat sariawan alami yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan juga bisa digunakan untuk obat sariawan anak, maka beberapa bahan herbal ini bisa dijadikan obat sariawan yang ampuh. Bahan alami ini dapat menjadi obat sariawan pengganti albothyl, dan juga betadine obat sariawan. Oh iya, bahan alami ini bukan lah obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan dalam 5 menit.

Air Garam


Gunakan air garam untuk mengatasi sariawan dengan cara berkumur. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan bertambah parah. Campurkan satu setengah sendok teh garam dengan satu gelas air hangat lalu aduk. Berkumurlah dengan obat sariawan alami ini sekitar 2 menit untuk mendapatkan khasiatnya. Bilas dengan air putih dan lakukan 3 kali sehari hingga sariawan mereda.

Madu


Bahan herbal yang satu ini sudah terkenal khasiatnya sebagai bahan baku obat-obatan alami yang ampuh. Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi sariawan dengan mengoleskan madu di bagian sariawan. Madu memiliki sifat anti radang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengoleskan obat sariawan alami ini secara rutin setiap hari, sariawan bisa hilang dalam waktu 3 hari.

Kantong Teh Bekas


Jangan buang teh kantong yang telah diseduh karena bisa dijadikan obat sariawan alami. Kompreskan kantong teh bekas ke area sariawan untuk menetralisir asam mulut sehingga meredakan perih. Daun teh juga dipercaya mampu melawan infeksi dan peradangan dan meningkatkan kesehatan gusi.

Cara mengobati sariawan dengan kantong teh bekas cukup mudah, yaitu tinggal ditempelkan pada area sariawan selama 5 menit.

Minyak Kelapa


Bahan alami lain yang bisa dijadikan obat sariawan ampuh adalah minyak kelapa. Manfaat dari kelapa ini adalah menyejukkan suhu tubuh dan mencegah peradangan semakin memburuk serta mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Campurkan madu dan minyak kelapa lalu oleskan pada luka sariawan. Lakukan 4 kali sehari hingga tampak sariawan mereda dan sakitnya hilang.

Es Batu


Jika tidak segera diobati, biasanya dalam beberapa hari sariawan akan membengkak dan semakin mengganggu aktifitas. Untuk meredakan pembengkakan sariawan, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengkompresnya. Rasa sejuk es batu bisa meringankan nyeri sariawan dan bisa dilakukan secara rutin. Anda juga bisa mengulum es batu hingga mencair untuk mendapatkan efek yang lebih ampuh.

Lidah Buaya


Jangan sampai aktifitas Anda terganggu dengan adanya sariawan di mulut. Segera obati dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya. Fungsinya sebagai anti peradangan dan pereda nyeri sangat berkhasiat untuk mengobati luka sariawan di mulut.

Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan getah daging lidah buaya ke area sariawan. Lakukan sebanyak 3 kali sehari hingga sariawan terasa membaik.

Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh merupakan salah satu obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit mulut. Bahkan dokter gigi banyak yang menyarankan penggunaannya sebagai antiseptik dan pereda nyeri. Terdapat kandungan Eugenol, senyawa dalam minyak cengkeh yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit yang setara dengan obat antistrungi nystatin dalam menyembuhkan sariawan. 

Anda bisa menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sariawan dengan cara meneteskannya pada kapas dan tempelkan pada area sariawan. Atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur dengan mencampurnya ke dalam segelas air. Perhatikan penggunaan minyak cengkeh sebagai obat sariawan alami agar tidak menggunakannya terlalu banyak karena bisa menimbulkan reaksi alergi atau bahkan mati rasa.

Makanan Rasa Netral


Makanan pedas akan memperparah peradangan dan merusak jaringan lunak tubuh yang terbuka seperti sariawan. Hal ini yang membuat Anda harus membatasi makanan pedas masuk ke dalam mulut. Sebagai gantinya, konsumsi makanan hijau dengan rasa netral atau manis seperti teh, susu, atau air kelapa. Hindari juga makanan yang bersifat asam karena asam juga akan bereaksi dalam mulut dan memperparah sariawan.

Daun Basil


Biasanya daun basil bisa ditemukan pada masakan italia yang bentuk dan fungsinya menyerupai daun kemangi. Penggunaan daun basil ini untuk menambah rasa pada pasta atau salad. Anda bisa menggunakan daun basil sebagai salah satu obat sariawan alami yang manjur karena memiliki sifat anti inflamasi, anti penuaan, antibakteri, dan antioksidan seperti yang terdapat pada fenolik dan polifenol. 

Anda bisa memakan daun obat sariawan ini secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya mengatasi sariawan. Atau bisa juga menyeduhnya dengan air panas dan menggunakan airnya untuk berkumur. Selain untuk mengatasi sariawan, daun basil juga efektif dalam meredakan asma, radang usus, dan arthritis.

Cuka Apel


Dari banyak studi ditemukan fakta bahwa orang yang menggunakan behel atau kawat gigi lebih beresiko terkena sariawan. Kasus lain juga menemukan penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai dan tidak terjaga kebersihannya bisa meningkatkan resiko berkembangnya jamur Candida di dalam mulut. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan cairan cuka sari apel dengan sifat antijamur sebagai alternatif pengobatan herbal. Anda bisa menggunakan cuka apel setelah menyikat gigi dengan cara berkumur dengan campuran 1 sendok cuka apel dan 1 gelas air. Kumur selama 15 detik dan lakukan secara rutin.

Kayu Manis


Bumbu dapur kayu manis terkenal efektif dalam mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan juga antijamur. Untuk pengobatan, Anda dapat merebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di dalam 1,5 cangkir yang berisikan air panas selama 5 menit.

Setelah air kayu manis dalam keadaan dingin, maka berkumurlah. Khusus untuk Ibu hamil, cara mengolah obat sariawan alami ini tetap boleh dilakukan tetapi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Alasannya tidak boleh banyak, karena di dalam kayu manis mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Jumlah vitamin c yang tinggi dapat membahayakan janin.

Yogurt


Yogurt bisa jadi obat sariawan alami yang menyenangkan untuk dimakan karena memang rasanya enak. Mengkonsumsi makanan sehat seperti yogurt ini bisa menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut dan tubuh karena salah satu penyebab sariawan adalah bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Di dalam yogurt terdapat prebiotic lactobacillus yang bisa menghilangkan bakteri jahat dalam tubuh sehingga Anda bisa mengkonsumsi yogurt setiap pagi untuk meredakan sariawan.

Echinacea


Bagi pengguna obat-obatan herbal pastinya pernah mendengar tanaman Echinacea sebagai salah satu bahan baku obat alami berbagai penyakit. Anda bisa menggunakan akar dan daunnya untuk obat sariawan ampuh. Tanaman ini memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan serta baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Cara penggunaan obat sariawan alami ini pun cukup mudah seperti menyeduh teh dan minum untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar